Prodi Biologi Gelar Stadium General Tentang Peranan DNA Barcoding Dan Bioinformatika dalam Upaya Pelestarian Biodiversitas Makhluk Hidup

Banda Aceh: Program studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan Studium General di Aula Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry (Kamis, 09/10/2023).

Acara ini dibuka oleh Ketua Program Studi Biologi yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Syafrina Sari Lubis, M.Si  Dalam sambutannya melaporkan bahwa kegiatan ini mengangkat tema "Peranan DNA Barcoding Dan Bioinformatika Dalam Upaya Pelestarian Biodiversitas Makhluk Hidup". Pentingnya mengenal DNA Barcoding untuk melakukan identifikasi suatu sampel terutama dalam riset. Selama ini, mahasiswa melakukan riset hanya sebatas identifikasi morfologi saja, belum ada yang mengarah kepada identifikasi secara molekuler. Semoga dengan adanya Studium General ini, ada mahasiswa yang berani melakukan riset ke arah tersebut, harapnya.

Diskusi dipandu oleh moderator Kamaliah, M.Si. Dosen program studi Biologi, Adapun narasumber kegiatan ini yaitu Zahratul Idami, M.Sc dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan yang merupakan Dosen Sekaligus Ketua Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan.

Zahratul Idami, M.Sc dalam uraiannya pemateri menjelaskan pengetahuan tentang DNA Barcoding, manfaat DNA barcoding, prinsip dasar DNA barcoding, keuntungan DNA barcoding, dan objek penelitian DNA barcoding yang meliputi hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Pemateri juga mensharing berbagai tahapan yang harus dilalui dalam melakukan Sekuensing DNA yang meliputi: Isolasi DNA, uji kuantitatif dan kualitatif DNA, Amplifikasi DNA dengan PCR, Elektroforesis, tahapan Sequencing DNA, dan aplikasi dalam menganalisis hasil sequencing DNA.

Pemateri juga menjelaskan pendekatan DNA barcoding dan Bioinformatika yang menjadi acuan dalam biokonservasi terutama makhluk hidup dengan status kritis (critically endangered), hal ini menjadi dalam dunia konservasi untuk melakukan konservasi genetik sebagai upaya pelestarian biodiversitas. Pemateri juga membagikan informasi tentang peluang dan tantangan untuk melakukan riset tentang DNA barcoding. Penelitian ini memang mahal jika dilakukan sendiri, tapi jika dilakukan bersama-sama dalam tim kelompok riset akan lebih mudah dan menghemat biaya, ujarnya.

Peserta studium general ini diikuti lebih kurang 80 orang peserta yang umumnya diikuti oleh mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry. Peserta antusias mengikuti kegiatan ini dan berpatisipasi aktif dengan memberikan pertanyaan secara langsung dalam forum tanya jawab. Kegiatan ini diakhiri dengan photo bersama pemateri dengan seluruh peserta studium general.

Tidak ada komentar