Sejarah Program Studi Biologi


Program Studi (Prodi) Biologi adalah sebuah Program Studi yang berada pada Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, yang mulai diresmikan pembukaannya melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 07/E/O/2014 tanggal 22 April 2014). Pada tahun ajaran 2014/2015, mulai menerima mahasiswa baru pertama kali sebanyak 45 orang melalui seleksi ujian masuk UIN Ar-Raniry dengan jenjang pendidikan Strata satu (S1). Tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 85 orang, dan Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 85 orang.
Biologi merupakan cabang ilmu yang menuntut pemahaman teoritis mengenai bidang-bidang ilmu dalam ruang lingkup biologi sekaligus aplikasi dari pemahaman teoritis tersebut yang dilakukan melalui prosedural ilmiah. Biologi memaparkan pengetahuan-pengetahuan aplikatif mengenai lingkungan, fisiologi, genetika dan mikrobiologi yang menuntut pemahaman menyeluruh dari peserta didik yang membidangi ilmu biologi.
Prodi Biologi FST UIN Ar-Raniry hadir sebagai wadah bagi calon-calon peneliti handal masa depan untuk mengasah dan mempertajam pemahaman dan wawasan mengenai bidang-bidang biologi, khususnya lingkungan, fisiologi, genetika dan mikrobiologi. Lulusan prodi Biologi diharapkan menjadi Sarjana Sains yang kompeten di bidang Biologi, mandiri (wirausaha), memiliki daya saing  dan berlandaskan Al Quran dan Hadist. Sarjana Biologi diharapkan dapat menjadi peneliti pada departemen, lembaga dan badan riset terkait, analis, tenaga kontrol serta tim riset dan pengembangan pada berbagai laboratorium dan bidang industri, Konsultan dalam pengelolaan serta pemanfaatan biodiversitas dan lingkungan, Bioentrepreneurship atau wirausaha di bidang biologi.

Tidak ada komentar