Unit Laboratorium Botani


Laboratorium Botani difungsikan untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian dan pengembangan bidang botani. Adapun kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan pada laboratorium ekologi diantaranya :

a.    Identifikasi sampel tumbuhan baik secara makroskopis maupun mikroskopis

b.    Pembuatan spesimen awetan dan koleksi herbarium tumbuhan di kawasan hutan dan pesisir Aceh

c.    Kajian Etnobotani sumber daya hutan dan pesisir di wilayah Aceh

d.   Pembuatan preparat awetan histologis tumbuhan

e.    Kajian proses metabolisme, anatomi, fisiologis dan perkembangan tumbuhan

f. Perbanyakan, pemuliaan, dan pelestarian plasma nutfah dengan cara budidaya secara konvensional, kultur jaringan, dan akuakultur.

 

Untuk mendukung kegiatan tersebut, laboratorium ini memiliki unit/fasilitas Ruang Herbarium (lemari koleksi herbarium), Kultur Jaringan, Green House dan Kebun Botani (Arboretum).

Peralatan yang terdapat pada laboratorium botani adalah : alat percobaan perkecambahan dan pertumbuhan benih, germinator, Transpiration Apparatus, Plant photosynthesis Analyzers, Audus, Lux Meter, Lampu Fotosintesis, Spektrofotometer, Cuvvet, Mikroskop Cahaya dan Stereo, Kamera Optik Mikroskop, Centrifuge, Laminar Air Flow, Autoklaf, Oven, Hot Plate, Respirometer, Rotary Evaporator, Neraca Analitik, Tensiometer, Preparat Histologis Botani, Alat-Alat Gelas dan lain sebagainya.

Adapun mata kuliah praktikum yang terdapat di unit Laboratorium Botani adalah sebagai berikut: Morfologi Tumbuhan, Anatomi Tumbuhan, Taksonomi Tumbuhan, Fisiologi Tumbuhan, Kultur Jaringan, Biologi Umum dan Teknik Laboratorium.

Tidak ada komentar