Prodi Biologi Adakan Seminar Akademik
Seminar
akademik dilaksanakan oleh Program Studi Biologi pada awal semester Ganjil
Tahun Akademik 2019/2020 pada tanggal 5 September 2019 bertempat di Aula
Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan yang melibatkan
Himpunan Mahasiswa Prodi Biologi HIMABIOS dan turut dihadiri oleh Ketua Prodi
Biologi beserta Sekretaris Prodi, Jajaran Dosen dan Staf Prodi, mahasiswa
angkatan 2018 dan mahasiswa baru angkatan 2019.
Bertindak
sebagai ketua panitia Arif Sardi, M.Si. melaporkan kegiatan yang bertema
“Membangun Kualitas dan Kualifikasi Lulusan Prodi Biologi Menghadapi Era
Industri 4.0” bertujuan memberikan pemahaman mendasar mengenai kegiatan
akademik di kampus yang dituangkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan
ini diikuti oleh peserta mahasiswa baru angkatan 2019 juga mahasiswa tahun
kedua angkatan 2018 total berjumlah 140 orang. Selain peserta mahasiswa
kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dan staf pegawai di lingkungan Prodi
Biologi. Lebih lanjut ketua panitia menjelaskan kegiatan akan dibagi menjadi
dua sesi yaitu pemaparan Sistem Informasi Akademik (Siakad) oleh narasumber
dari kepala ICT Center UIN Ar-Raniry Ghufran Ibnu Yasa, M.T. dan sesi kedua
kedua yaitu sosialisasi struktur kurikulum KKNI Prodi Biologi.
Selanjutnya
Ketua Prodi Biologi Lina Rahmawati, M.Si. membuka rangkaian kegiatan seminar
ini dengan menyampaikan harapan besar mengenai tercapainya kualitas dan
kualifikasi lulusan yang dapat disejajarkan dengan lulusan pada Perguruan
Tinggi lainnya di Indonesia di usia Prodi yang menginjak tahun kelima sejak
berdiri pada tahun 2014. Input dan proses akademik yang berkualitas tentunya akan menentukan lulusan
yang siap pakai di dunia kerja.
Sesi
pertama seminar dipimpin oleh moderator Ilham Zulfahmi, M.Si. Pada sesi pertama
seminar ini menghadirkan Ghufran Ibnu Yasa, M.T selaku kepala Information
Communication Tecnology (ICT) Center UIN Ar-Raniry sebagai narasumber. Pada
kesempatan ini pemaparan dan demonstrasi langsung terkait Sistem Informasi
Akademik (SIAKAD), fasilitas yang diberikan oleh Universitas dalam menunjang
pendidikan mahasiswa seperti fasilitas cek plagiasi, pindai bahan belajar
berkapasitas besar dan tidak dimungkinkan memindai pribadi dan sebagainya.
Lebih lanjut narasumber menjabarkan mengenai sistem kredit semester (sks),
bobot 1 sks terdiri dari 50 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur dan 60
menit tugas mandiri, penilaian dan pelaporan penilaian pada Pangkalan Data
DIKTI (PDDIKTI) yang dilakukan berkala. Narasumber juga membahas hak mahasiswa
ketika lulus program sarjana dengan mendapatkan Ijazah, gelar dan sertifikat
kompetensi. Narasumber juga mengingatkan untuk mahasiswa memperhatikan tanggal
penting dalam kalender akademik terkait waktu pembayaran SPP, pengisian Kartu
Rencana Studi (KRS) dan periode perbaikan KRS ( KPRS) dan sebagainya.
Demonstrasi
langsung pada sistem siakad di laman siakad.ar-raniry.ac.id/login juga dilakukan. Pada sistem
ini mahasiswa dapat melihat menu-menu seperti jadwal/roster perkuliahan, nama
dosen wali, pengajuan Kartu Rencana Studi (KRS), kartu hasil studi (KHS),
transkrip nilai, transaksi pengajuan cuti akademik serta memungkinkan mahasiswa
chatting dengan dosen wali, dosen
pengampu mata kuliah dan admin prodi. Mahasiswa juga diberikan akses email
institusi yaitu nim@student.ar-raniry.ac.id
dengan password nim-ddmmyyyy sesuai dengan identitas masing-masing sehingga
memudahkan jika ingin berurusan dalam berbagai hal lain. Narasumber juga
menjelaskan mengenai integrasi sistem SIAKAD dengan data di Forlap Dikti,
dimana riwayat studi mahasiswa juga dapat diakses oleh stakeholder sebagai
basis data.
Sesi
pertama diselingi dengan diskusi dengan mahasiswa. Antusiasme terlihat ketika
diskusi berlangsung, mahasiswa menanyakan pertanyaan terkait aturan pengajuan
cuti akademik, mengulang dan memperbaiki nilai mata kuliah juga distribusi mata
kuliah praktikum. Seluruh pertanyaan dijawab dengan baik oleh narasumber dan
memperjelas pemahaman mahasiswa.
Sesi
kedua dilanjutkan dengan dipimpin oleh moderator Ayu Nirmala Sari, M.Si.
Bertindak sebagai narasumber adalah Sekretaris Prodi Biologi Muslich Hidayat,
M.Si. Narasumber menjelaskan mengenai struktur kurikulum KKNI Prodi Biologi.
Dalam uraiannya disosialisasikan pula Visi, Misi, profil lulusan, capaian
pembelajaran, rumpun bidang keilmuan dan sebaran mata kuliah yang terdiri dari
mata kuliah wajib dan pilihan. Sekretaris juga menunjukkan buku panduan
akademik yang menjadi pegangan mahasiswa selama menjalani perkuliahan.
Pada
penjelasan berikutnya terkait tertib administrasi surat menyurat di Prodi maka
Ketua Prodi Lina Rahmawati, M.Si. didampingi oleh staf Prodi bidang
administrasi Eliyanti, M.Pd. menjelaskan teknis pengajuan surat menyurat baik
pengajuan cuti, beasiswa, izin kegiatan, observasi, penelitian pendahuluan dan
sebagainya. Pada kesempatan ini juga mahasiswa dibekali dengan arahan tertib dokumen
pribadi seperti KRS, KHS dan transkrip nilai.
Sesi
kedua dilanjutkan dengan diskusi narasumber dengan peserta seminar. Lagi-lagi
forum menunjukkan geliat tanda semangat mahasiswa menerima pemaparan pemateri.
Pertanyaan peserta berkisar jalur beasiswa yang disediakan pihak institusi,
penerapan semester antara dan permohonan pengajuan surat izin kuliah.
Pertanyaan dijawab dengan baik oleh narasumber.
Pada
kesempatan ini setelah acara ditutup, dosen wali dan mahasiswa baru angkatan
2019 diberikan kesempatan melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk sekedar
saling berkenalan dan menentukan jadwal lebih lanjut melakukan pembimbingan
akademik.
Post a Comment