Prodi Biologi Adakan Seminar Akademik


Seminar akademik dilaksanakan oleh Program Studi Biologi pada awal semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 pada tanggal 5 September 2019 bertempat di Aula Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan yang melibatkan Himpunan Mahasiswa Prodi Biologi HIMABIOS dan turut dihadiri oleh Ketua Prodi Biologi beserta Sekretaris Prodi, Jajaran Dosen dan Staf Prodi, mahasiswa angkatan 2018 dan mahasiswa baru angkatan 2019.

Bertindak sebagai ketua panitia Arif Sardi, M.Si. melaporkan kegiatan yang bertema “Membangun Kualitas dan Kualifikasi Lulusan Prodi Biologi Menghadapi Era Industri 4.0” bertujuan memberikan pemahaman mendasar mengenai kegiatan akademik di kampus yang dituangkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diikuti oleh peserta mahasiswa baru angkatan 2019 juga mahasiswa tahun kedua angkatan 2018 total berjumlah 140 orang. Selain peserta mahasiswa kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dan staf pegawai di lingkungan Prodi Biologi. Lebih lanjut ketua panitia menjelaskan kegiatan akan dibagi menjadi dua sesi yaitu pemaparan Sistem Informasi Akademik (Siakad) oleh narasumber dari kepala ICT Center UIN Ar-Raniry Ghufran Ibnu Yasa, M.T. dan sesi kedua kedua yaitu sosialisasi struktur kurikulum KKNI Prodi Biologi. 

Selanjutnya Ketua Prodi Biologi Lina Rahmawati, M.Si. membuka rangkaian kegiatan seminar ini dengan menyampaikan harapan besar mengenai tercapainya kualitas dan kualifikasi lulusan yang dapat disejajarkan dengan lulusan pada Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia di usia Prodi yang menginjak tahun kelima sejak berdiri pada tahun 2014. Input dan proses akademik yang  berkualitas tentunya akan menentukan lulusan yang siap pakai di dunia kerja.

Sesi pertama seminar dipimpin oleh moderator Ilham Zulfahmi, M.Si. Pada sesi pertama seminar ini menghadirkan Ghufran Ibnu Yasa, M.T selaku kepala Information Communication Tecnology (ICT) Center UIN Ar-Raniry sebagai narasumber. Pada kesempatan ini pemaparan dan demonstrasi langsung terkait Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), fasilitas yang diberikan oleh Universitas dalam menunjang pendidikan mahasiswa seperti fasilitas cek plagiasi, pindai bahan belajar berkapasitas besar dan tidak dimungkinkan memindai pribadi dan sebagainya. Lebih lanjut narasumber menjabarkan mengenai sistem kredit semester (sks), bobot 1 sks terdiri dari 50 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur dan 60 menit tugas mandiri, penilaian dan pelaporan penilaian pada Pangkalan Data DIKTI (PDDIKTI) yang dilakukan berkala. Narasumber juga membahas hak mahasiswa ketika lulus program sarjana dengan mendapatkan Ijazah, gelar dan sertifikat kompetensi. Narasumber juga mengingatkan untuk mahasiswa memperhatikan tanggal penting dalam kalender akademik terkait waktu pembayaran SPP, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dan periode perbaikan KRS ( KPRS) dan sebagainya.

Demonstrasi langsung pada sistem siakad di laman siakad.ar-raniry.ac.id/login juga dilakukan. Pada sistem ini mahasiswa dapat melihat menu-menu seperti jadwal/roster perkuliahan, nama dosen wali, pengajuan Kartu Rencana Studi (KRS), kartu hasil studi (KHS), transkrip nilai, transaksi pengajuan cuti akademik serta memungkinkan mahasiswa chatting dengan dosen wali, dosen pengampu mata kuliah dan admin prodi. Mahasiswa juga diberikan akses email institusi yaitu nim@student.ar-raniry.ac.id dengan password nim-ddmmyyyy sesuai dengan identitas masing-masing sehingga memudahkan jika ingin berurusan dalam berbagai hal lain. Narasumber juga menjelaskan mengenai integrasi sistem SIAKAD dengan data di Forlap Dikti, dimana riwayat studi mahasiswa juga dapat diakses oleh stakeholder sebagai basis data.

Sesi pertama diselingi dengan diskusi dengan mahasiswa. Antusiasme terlihat ketika diskusi berlangsung, mahasiswa menanyakan pertanyaan terkait aturan pengajuan cuti akademik, mengulang dan memperbaiki nilai mata kuliah juga distribusi mata kuliah praktikum. Seluruh pertanyaan dijawab dengan baik oleh narasumber dan memperjelas pemahaman mahasiswa.

Sesi kedua dilanjutkan dengan dipimpin oleh moderator Ayu Nirmala Sari, M.Si. Bertindak sebagai narasumber adalah Sekretaris Prodi Biologi Muslich Hidayat, M.Si. Narasumber menjelaskan mengenai struktur kurikulum KKNI Prodi Biologi. Dalam uraiannya disosialisasikan pula Visi, Misi, profil lulusan, capaian pembelajaran, rumpun bidang keilmuan dan sebaran mata kuliah yang terdiri dari mata kuliah wajib dan pilihan. Sekretaris juga menunjukkan buku panduan akademik yang menjadi pegangan mahasiswa selama menjalani perkuliahan.

Pada penjelasan berikutnya terkait tertib administrasi surat menyurat di Prodi maka Ketua Prodi Lina Rahmawati, M.Si. didampingi oleh staf Prodi bidang administrasi Eliyanti, M.Pd. menjelaskan teknis pengajuan surat menyurat baik pengajuan cuti, beasiswa, izin kegiatan, observasi, penelitian pendahuluan dan sebagainya. Pada kesempatan ini juga mahasiswa dibekali dengan arahan tertib dokumen pribadi seperti KRS, KHS dan transkrip nilai.

Sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi narasumber dengan peserta seminar. Lagi-lagi forum menunjukkan geliat tanda semangat mahasiswa menerima pemaparan pemateri. Pertanyaan peserta berkisar jalur beasiswa yang disediakan pihak institusi, penerapan semester antara dan permohonan pengajuan surat izin kuliah. Pertanyaan dijawab dengan baik oleh narasumber.


Pada kesempatan ini setelah acara ditutup, dosen wali dan mahasiswa baru angkatan 2019 diberikan kesempatan melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk sekedar saling berkenalan dan menentukan jadwal lebih lanjut melakukan pembimbingan akademik.

Tidak ada komentar