Mahasiswa Biologi Seminarkan Hasil Penelitian di KEL


Mahasiswa Biologi yang menerima beasiswa penelitian skripsi dari Forum Konservasi Leuser (FKL) dan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAKA) mempresentasikan hasil penelitian keanekaragaman hayati di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) pada kegiatan simposium yang diselenggarakan oleh FKL/HAKA dan berlangsung di gedung Leuser Conservation Training Center, Jl. Tanggul Kr. Aceh No 11 Pango Deah Kota Banda Aceh, kamis (04/07/2019).

Simposium ini merupakan bagian dari pendidikan dan pengkaderan generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan konservasi. Para pemakalah dalam simposium ini merupakan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penelitian skripsi yang berasal dari Biologi FST UIN Ar-Raniry, Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry, Jurusan Biologi FMIPA Unsyiah, dan STIEK Chiek Pante Kulu. Mahasiswa Biologi FST UIN Ar-Raniry sebagai penerima beasiswa terbanyak sebanyak 3 orang, yaitu Mahyana, Nur Amalina Marfani, dan Furqan Maghfiriadi. Acara ini juga diisi oleh keynote speaker Dr. Suwarno, M.Si yang merupakan dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala dan peserta simposium ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari berbagai instansi.

Muhammad Isa selaku ketua panitia dalam sambutannya mengatakan tujuan diadakan simposium ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang keanekaragaman hayati sehingga menginspirasi mahasiswa lainnya untuk melakukan penelitian di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). Kegiatan ini dibuka oleh Badrul Irfan yang merupakan perwakilan dari FKL/HAKA dengan harapan peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah pengetahuan terutama tentang keanekaragaman hayati dan tumbuhnya nilai-nilai konservasi dalam penyelamatan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL).

Dalam sesi paralel kegiatan simposium ini, mahasiswa biologi mempresentasikan masing-masing pemakalah hasil penelitiannya tentang keanekaragaman hayati di Kawasan Ekosistem Leuser tepatnya di Stasiun Penelitian Soraya Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Mahasiswa Biologi dalam sesi tersebut mempresentasikan makalahnya yang berjudul:
a.   Estimasi Populasi Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser (Mahyana)
b.       Aktivitas Kuau Raja (Argusianus agus) pada Mating Ring di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser (Nur Amalina Marfani)
c.      Keanekaragaman Ikan di Sungai Alas di Stasiun Penelitian Soraya Kawasaan Ekosistem Leuser (Furqan Maghfiriadi)

Mahasiswa Biologi FST UIN Ar-Raniry Sedang Mempresentasikan Makalahnya
di gedung Leuser Conservation Training Center
Acara ini juga diselingi dengan diskusi ringan yang diisi oleh WWF sumatera dan lembaga lainnya yang berhadir.

Kegiatan simposium ini diadakan setiap tahunnya, pada saat ini perdana diadakan kepada pihak penerima beasiswa penelitian dari FKL/HAKA Tahun 2018. Alhamdulillah, tahun 2019 mahasiswa Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry mendapatkan kuota beasiswa penelitian skripsi dari FKL/HAKA sebanyak 5 orang yang sedang melaksanakan penelitian di Stasiun Penelitian Soraya Kota Subulussalam dan Stasiun Penelitian Ketambe Aceh Tenggara Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Aceh.

Author & Editor : Firman Rija A.

Tidak ada komentar