Prodi Biologi Gelar Stadium General Integrasi Keislaman dalam Konsep Ilmu Biologi


Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry menggelar stadium general bagi mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 15 April 2019 pukul 09.00-12.30 Wib bertempat di Teather Room Gedung Museum UIN Ar-Raniry. Pemateri yang dihadirkan adalah Prof. Drs. Sutiman B. Sumitro, MS. DSc. Guru besar Biologi Sel dan Molekuler dari Universitas Brawijaya Malang. Sepanjang karier beliau pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan bertema “Integrasi Keislaman dalam Konsep Ilmu Biologi” ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Drs. H. Gunawan, M.A., Ph.D. Beliau menyampaikan harapan besar institusi bagi calon peneliti biologi masa depan untuk dapat mendakwahkan ilmunya di jalan Allah Swt. Beliau juga menyampaikan bahwa tema yang diangkat sangat penting untuk mencapai lulusan berkualitas yang mampu bersinergi membesarkan ummat.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Azhar Amsal, M.Pd. juga berkesempatan menghadiri acara didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan kelembagaan Khairiah Syahabuddin, M.Hsc., M.TESOL., Ph.D. Dekan menyampaikan sambutannya dan mengapresiasi berlangsungnya kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan harapan, dukungan dan dorongan dosen dalam menciptakan outcomes lulusan yang handal.

Ketua Prodi Biologi Lina Rahmawati, M.Si. melaporkan jumlah peserta kuliah umum sebanyak 211 orang. Dalam laporannya juga disampaikan tujuan berlangsungnya stadium general dalam menjawab tantangan visi dan misi Universitas, Fakultas dan Prodi dengan mengintegrasikan nilai keislaman dengan konsep ilmu Biologi. Stadium general merupakan agenda tahunan Prodi. Beliau menyampaikan ada beberapa agenda lain seperti Workshop Integrasi Keislaman dalam Kurikulum Prodi Biologi yang juga akan dilaksanakan.

Sebelum sesi inti dimulai acara dilanjutkan dengan penyerahan SK pembina klub minat bakat mahasiswa dan pusat studi tingkat Prodi. Penyerahan SK dilakukan oleh ketua Prodi kepada salah satu perwakilan dosen pembina klub Feizia Huslina, M.Sc.

Prof. Drs. Sutiman B. Sumitro, MS. DSc. membuka materi dengan konsep Al-insan (manusia pembelajar). Belajar sebagai upaya memuliakan diri. Dalam berjalannya proses pembelajaran, manusia harus berserah diri kepada Allah Swt. Sebagai pembelajar manusia dapat berkomunikasi dengan diri sendiri, sedangkan tubuh merupakan fasilitas sebagai pembelajar. Dalam materinya juga dijelaskan bahwa sains bukan alat mencari kebenaran namun merupakan alat bantu dalam menjelaskan kesimpulan dari asumsi/hipotesis. Kesimpulan dapat kita peroleh dalam kandungan Al-Qur’an dan Sunnah.

Sesi dialog dipandu oleh moderator Arif Sardi, M.Si. Panitia meminta pemateri menyampaikan quiz yang mengantarkan diskusi dua arah. Sultan Al-Faraby, Cut Dahlima, Putria Rahma, Badratun Nafis, Al-Munawarah, dan beberapa mahasiswa Biologi lainnya memperoleh kesempatan berdialog interaktif dengan pemateri. Panitia juga menyediakan bingkisan hiburan.

Sebagai salah satu wujud integrasi keislaman dalam ilmu biologi yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan. Tampak tim edukator pemilahan sampah organik dan plastik yang mengkawal sampah selama kegiatan berlangsung. Tim ini memberdayakan mahasiswa dalam himpunan mahasiswa Prodi Biologi.


Photo Bersama Pemateri dengan Warek I, Pimpinan dan Dosen FST

Tidak ada komentar