Aksi HPSN 2017, Prodi Biologi Bersama 100 Komunitas Bersihkan Sampah

(Senin, 27 Februari 2017); Program Studi Biologi dan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIOS) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry ikut serta bersama 100 komunitas lainnya dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Forum Kolaborasi Komunitas (FKK) kerjasama dengan dengan pemerintah kota dan provinsi yang diadakan pada Minggu, 26 Februari 2017 yang berpusat di pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh. 



Acara ini dibuka oleh Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Jamal dan pembukaan oleh Kepala Dinas Kehutanan Lingkungan Hidup Aceh Husaini Syamaun. Aksi ini “Gerakan untuk Indonesia Bebas Sampah 2020” diikuti oleh 100 komunitas lebih yang tergabung ke dalam  Forum Kolaborasi Komunitas (FKK).
Beberapa kawasan yang menjadi target pembersihan sampah adalah kawasan wisata kota Banda Aceh, antara lain: belakang kantor Dinas Pariwaisata Banda Aceh, Pelabuhan Ulee Lhee, dermaga nelayan Ulee Cot, dan jembatan Ulee Lhee tembus ke Gampong Jawa. Prodi Biologi bersama Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIOS) berada di lokasi titik 6 yang bertempat di bagian timur kawasan Ulee Lheu bersama beberapa komunitas lainnya. Adapun sampah yang dikumpulkan berupa sampah organik dan sampah non organik yang nantinya ditimbang dan dipisahkan berdasarkan jenisnya.
Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas sampah tahun 2020. Gerakan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kepedulian terhadap sampah tidak hanya mengandalkan pekerja kebersihan, tetapi juga menuntut partisipasi seluruh elemen masyarakat termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIOS) bersama Prodi Biologi FST UIN Ar-Raniry ikut andil dalam kegiatan tersebut. Selama ini Prodi Biologi bersama mahasiswa telah juga melakukan kegiatan serupa di kawasan Lambadeuk dan Lamteungoh Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar. Prodi Biologi bersama mahasiswa akan selalu terlibat aktif dalam kegiatan ini dan mendukung sepenuhnya terhadap kepedulian lingkungan hidup.

Tidak ada komentar