Prodi Biologi Resmi Lepas Mahasiswa KKP di Masa Pandemi Covid-19

Selasa (10/08/2021) - Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan acara pelepasan peserta Kuliah Kerja Praktek (KKP) Tahun 2021 yang diikuti oleh 86 mahasiswa.

Agenda ini berlangsung secara virtual dihadiri oleh Ketua Prodi Biologi, koordinator kegiatan KKP, dosen prodi dan peserta KKP. Acara pelepasan dipandu oleh Diannita Harahap, M. Si. Selaku koordinator kegiatan Syafrina Sari Lubis, M.Si. melaporkan bahwa, ada sejumlah tujuh puluh enam (76) orang mahasiswa yang berkesempatan mengikuti kegiatan KKP yang tersebar di berbagai instansi Kota/Kabupaten Provinsi Aceh. Kemudian, masih ada 10 mahasiswa yang sedang dalam pengajuan ulang ke instansi lain sebab sebelumnya ditolak dengan berbagai pertimbangan. Beliau berharap agar sepuluh (10) orang mahasiswa ini segera mendapatkan kabar baik di instansi lain. Kegiatan KKP tahun 2021 akan berlangsung selama 30 hari kerja, terhitung sejak 12 Agustus – 24 September 2021.

Sambutan oleh ketua prodi Lina Rahmawati, M. Si. disebutkan bahwa meskipun KKP di tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, mahasiswa diharapkan tetap bisa mengikuti kegiatan KKP dengan baik di instansi daerah masing-masing. Mengingat KKP merupakan salah satu mata kuliah dengan bobot 2 sks yang memiliki kompetensi sangat penting.

Berbeda dari tahun sebelumnya, KKP tahun 2021 memiliki konsep yang telah dirancang sedemikian rupa agar tetap dapat terealisasi walau di masa pandemi. Kegiatan KKP diadakan di daerah masing-masing tentunya bertujuan untuk mengurangi mobilitas yang tinggi di daerah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Tak hanya itu, prodi Biologi juga berharap dengan konsep yang seperti ini, mahasiswa mampu memperkenalkan prodi Biologi kepada instansi/lembaga yang terkait, sehingga dapat terwujud sebuah korelasi yang baik antar instansi dan UIN Ar-raniry khususnya prodi Biologi.

Sebagai penutup acara ini, ketua prodi Biologi memberikan dukungan penuh terhadap kelangsungan dan kesuksesan kegiatan KKP Tahun 2021. Beliau juga memberikan arahan agar mematuhi aturan tempat instansi/lembaga terkait, menunjukan kompetensi sebagai mahasiswa yang mampu bekerja dalam teamwork, mampu menunjukkan kompetensi sebagai mahasiswa biologi sains, disiplin, menjaga nama baik almamater yang menjunjung tinggi nilai agama serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Author : Desi Anggraini (Mahasiswa Prodi Biologi)

Tidak ada komentar