Prodi Biologi Adakan Webinar Akademik


Kamis, 22 Oktober 2020 Prodi Biologi telah mengadakan webinar akademik dengan mengusung tema "Membangun Sinergisitas Menuju Program Studi Unggul". Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap awal semester di Tahun Akademik baru. Rangkaian kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Biologi Lina Rahmawati, M. Si. Pada kesempatan ini ketua panitia Syafrina Sari Lubis, M. Si. menyampaikan webinar ini merupakan langkah yang diambil prodi untuk mempersiapkan sinergisitas komponen internal menuju Prodi berdaya saing dan unggul. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Prodi dalam mensinergiskan Tri Dharma Perguruan Tinggi beserta komponen kegiatan pendukungnya menuju Prodi yang unggul sesuai Visi dan Misi. Dilaporkan juga target peserta yaitu mahasiswa baru Prodi Biologi untuk dapat diperkenalkan seluk beluk pengenalan budaya akademik dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, kurikulum, alur surat menyurat di Prodi dan dukungan laboratorium Biologi dalam praktikum dan riset.

Turut hadir pemateri ketua Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Ghufran Ibnu Yasa, M.T., pemateri dosen dari lingkungan Prodi diantaranya Kamaliah, M. Si., dan Ilham Zulfahmi, M. Si. serta staf administrasi Prodi Eliyanti, M. Pd.

Dalam materinya Ghufran memperkenalkan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi berbagai kegiatan didalamnya serta teknis perkuliahan bagi mahasiswa baru. Pemateri kedua Kamaliah sebagai Sekretaris Prodi memperkenalkan perkembangan dan struktur kurikulum Prodi Biologi. Pemateri ketiga Eliyanti menjelaskan pentingnya administrasi dalam mendukung kegiatan akademik mahasiswa serta teknis alur pengajuan surat menyurat di Prodi. Pemateri terakhir Ilham Zulfahmi menyampaikan materi fungsi laboratorium menuju Prodi Biologi yang unggul. Dalam kesempatan ini juga Ilham menyampaikan bahwa Prodi Biologi bukan hanya menggunakan laboratorium fisik namun juga memaksimalkan laboratorium alam seperti hutan, laut, lingkungan sekitar dan sebagainya.

 



Mahasiswa antusias dalam mengikuti kegiatan webinar secara online yang digelar. Hal ini terlihat dengan partisipasi sepanjang acara berlangsung. Tanya jawab dipandu oleh moderator Feizia Huslina, M. Sc.


Author: Diannita Harahap, M.Si

Tidak ada komentar