Stadium General & Workshop: Integrasi Keislaman dan Ilmu Biologi



Al-Qur’an dan Hadist memuat pesan semangat dalam mengkaji alam semesta dan segala isinya melalui aktivitas pendidikan dan penelitian. Dalam menyikapi hal tersebut sudah sewajarnya pola pikir pemisahan ilmu Islam dan sains dihilangkan, yang tinggal adalah mencoba mencari kesamaan diantara keduanya baik pendekatan, metode berfikir, memasukkan nilai-nilai keislaman yaitu tauhid, akhlakul karimah dan rahmatan lil alamin. Namun pada kenyataannya masih saja perlu dievaluasi keterlaksanaan integrasi tersebut di lapangan.

Strategi yang telah diterapkan dalam integrasi keislaman dengan ilmu Biologi di Prodi Biologi antara lain : 1) desain struktur kurikulum memperhatikan capaian lulusan dengan nilai-nilai keislaman yang diturunkan dalam Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah, namun pelaksanaanya masih harus dievaluasi menyeluruh, 2) menyediakan sebuah mata kuliah dasar pengenalan sains teknologi islam dalam mata kuliah Pengantar Saintek Islam, 3) menarik benang merah konsep keilmuan biologi yang telah jelas dalam ayat Al-Qur’an maupun Hadist terkait dengan materi pokok mata kuliah dalam proses pendidikan dan pengajaran dan penelitian, 4) penanaman nilai keislaman dalam tutur kata dan tindakan baik saat berada di lingkungan kampus maupun di luar kampus UINAr-Raniry.

Salah satu program kerja Program Studi Biologi adalah mengadakan stadium general. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2019 pukul 09.00- 11.45 WIB di Teather Room Gedung Museum UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Peserta dalam kegiatan ini adalah para dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Prodi Biologi di lingkungan Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Diskusi juga akan mewarnai jalannya kuliah umum antara pemateri dan peserta. Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry Banda Aceh Bapak Dr. H. Gunawan, MA. Ph.D. Turut hadir bersama peserta yaitu Ketua Prodi Biologi Ibu Lina Rahmawati, M.Si, para Dosen,dan mahasiswa biologi.

Kuliah umum mengusung tema ‘Integrasi Keislaman dalam Konsep Ilmu Biologi’ dengan pemateri Prof. Sutiman Bambang Sumitro, MS., D.Sc. seorang Guru Besar Ilmu Biologi Sel dan Molekuler dari Universitas Brawijaya. Beliau juga merupakan mantan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan segenap Civitas Prodi memahami secara menyeluruh strategi integrasi keislaman dengan konsep ilmu Biologi kemudian dapat diaplikasikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Setalah acara ini berlangsung Prodi Biologi juga akan mengadakan Workshop ‘Integrasi nilai keislaman dengan kurikulum Prodi Biologi’. Acara akan berlangsung di hari yang sama pada pukul 14.30 hingga 17.00 WIB dengan pemateri yang sama. Dalam hal ini peserta workshop adalah para dosen Prodi Biologi sebanyak 9 orang. Output dalam pelatihan ini diharapkan tersusun kurikulum Prodi Biologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman.

Tidak ada komentar