Mahasiswa Praktikum Lapangan ke CRU Sampoiniet Aceh Jaya


Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry mengadakan praktikum lapangan selama 5 hari yaitu mulai Tanggal 20 s/d 25 April 2018 di Conservation Respon Unit (CRU) Sarah Deu Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya Provinsi Aceh. Bentuk kuliah lapangan yang dilakukan adalah pengamatan terhadap jenis keanekaragaman hayati yang terdapat di kawasan CRU Sampoiniet dan sekitarnya.

Kawasan Conservation Respon Unit (CRU)  Sampoiniet memiliki potensi hutan lindung, sungai, ekowisata alam serta wisata edukasi gajah yang terdapat di Base Camp CRU. Sehingga kawasan ini sebagai salah satu kawasan yang representatif untuk melakukan studi observasi keanekaragaman hayati.

Conservation Respon Unit (CRU) Sampoiniet yang terletak di pinggiran kawasan ekosistem hutan Ulu Masen meliputi flora dan fauna yang membuat wilayah ini menjadi objek penelitian dan praktikum lapangan yang diminati dan vegetasi di kawasan hutan Ulu Masen yang menarik perhatian untuk dikaji dan melihat keanekaragaman hayati yang tersebar serta keadaan ekologinya.

Adapun mata kuliah yang dipraktikumkan di kawasan tersebut terdiri dari 3 mata kuliah dan 3 orang Dosen yaitu: Ekologi Hewan (Ellena Yusti), Ekologi Tumbuhan (Muslich Hidayat), dan Ekologi Perairan (Ilham Zulfahmi). Selain itu, mahasiswa juga dibimbing oleh Laboran (Firman Rija Arhas) dan 14 orang asisten praktikum. Adapun peserta praktikum terdiri dari 53 orang dan panitia 21 orang. Bentuk pengamatan praktikum dalam ketiga mata kuliah tersebut adalah observasi dan pengamatan yang berbasis riset terhadap keanekaragaman hayati di kawasan CRU Sampoiniet Sarah Deu, Aceh Jaya.

Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry sebagai bagian dari para saintis di Provinsi Aceh turut berperan aktif dalam melakukan kajian riset atau praktikum berbasis riset yang kompetitif serta mampu mengembangkan potensi lingkungan dalam memberdayakan sumber daya lokal di Aceh.

Tidak ada komentar