Tim Jurnal Kenanga Mengikuti Pelatihan Optimasi Penggunaan OJS yang Diselenggarakan oleh Jurnal Natural FMIPA USK

Banda Aceh  | Tim Jurnal Kenanga di undang mengikuti kegiatan pelatihan jurnal dengan tema “Optimasi Penggunaan Open Journal System (OJS) dan Tata Letak Naskah Publikasi Profesional” yang diselenggarakan oleh Tim Jurnal Natural Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) yang berlangsung di  Hotel the Pade Darul Imarah Aceh Besar pada Hari Sabtu (05/11/2022).

Pelatihan ini diikuti oleh 24 orang peserta pengelola jurnal yang berasal dari USK dan UIN Ar-Raniry. Dari UIN Ar-Raniry diikuti oleh Raudah Hayatillah, M.Sc (Editor In Chief) dan Firman Rija Arhas, M.Si (Layout Editor) dari Jurnal Kenanga Prodi Biologi, serta Aulia Rohendi, M.Si (Editor In Chief) Jurnal Lingkar Prodi Teknik Lingkungan UIN Ar-Raniry. Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Wakil Rektor II USK, Prof. Dr. Marwan Ramli, M.Si dengan moderator Dr. Eng. Elin Yusibani, S.Si., M.Eng.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II USK berharap bahwa pelatihan yang diselenggarakan oleh Jurnal Natural FMIPA ini akan meningkatkan semangat para peserta pelatihan untuk dapat meningkatkan kualitas jurnal yang dikelola di kedua Universitas.

Sementara itu,  Ketua Pelaksana Pelatihan Dr. Suhartono M.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal, karena masih banyak peserta pengelola jurnal yang status jurnalnya belum terakreditasi. Hal ini dapat disebabkan akibat belum optimalnya penggunaan OJS oleh pengelola jurnal. Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata letak naskah melalui penggunaan perangkat lunak Adobe Indesign agar kualitas layout artikel yang akan dipublikasikan menjadi lebih baik. Untuk jurnal yang belum terakreditasi diharapkan dapat meningkat statusnya menjadi jurnal terakreditasi SINTA atau jurnal yang sudah berstatus terakreditasi dapat meningkat statusnya menjadi jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus).

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Bapak Ridwan Saputra, S.Pt., M.Si sebagai Pengelola OJS Jurnal USK yang berbagi pengalaman tentang Optimasi Penggunaan Oper Journal System (OJS). Narasumber kedua Bapak Haris Mustaqin, S.IP, M.T sebagai layout Editor USK Press menyampaikan strategi penyusunan terkait tata letak naskah publikasi atau layout secara profesional menggunakan perangkat lunak Adobe Indesign.

Informasi berita ini dikutip dari laman website FMIPA USK dan juga dapat dilihat di https://fmipa.unsyiah.ac.id/fmipa/jurnal-natural-fmipa-usk-adakan-pelatihan-optimasi-penggunaan-ojs-dan-tata-letak-naskah-publikasi-profesional/

Tidak ada komentar