Lab FST adakan Workshop Instrumen FTIR


Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi kembali melaksanakan kegiatan workshop penggunaan instrumen Fourier Transform Infra Red Spectrophotometer. Kegiatan yang awalnya direncanakan dilaksanakan selama satu hari pada kamis 18 November 2021, harus diperpanjang hingga jumat 19 November 2021. Tingginya animo peserta untuk dapat ikut mencoba satu persatu teknik analisis FTIR menyebabkan waktu satu hari yang disedianakan tidak mencukupi.

Kegiatan ini diikuti oleh praktisi dan peneliti di Lingkungan Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry yang terdiri dari unsur dosen, laboran, asisten laboratorium hingga mahasiswa. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Laboratorium FST, Hadi Kurniawan, M.Si. Kemudian dilanjutkan oleh penyampaian materi oleh Bapak Eros Andika Pratama dari PT Maja Bintang Indonesia. Peserta diperkenalkan dengan alat FTIR tipe Spectrum Two (C119456) yang diproduksi oleh Perkin Elmer. Alat ini dilengkapi dengan dua teknik analisis yaitu teknik Transmitan dan teknik UATR.

Setelah perkenalan alat FTIR, Pak Eros melakukan demo analisis sampel menggunakan kedua teknik analisis tersebut. Peserta juga diajarkan untuk melakukan preparasi sampel solid menggunakan mechanical press. Pada penghujung kegiatan, masing-masing peserta workshop diperkenankan untuk melakukan uji coba preparasi sampel, analisis sampel hingga menginterpretasikan data.

Kegiatan selanjutnya di tutup oleh Kalab FST. Pada kesempatan ini, Kalab berharap dengan adanya instrumen ini, mampu meningkatkan kualitas penelitian baik bagi mahasiswa maupun dosen dilingkungan UIN Ar-Raniry. Selanjutnya pelayanan analisis FTIR juga selanjutnya akan dibuka kepada Stakholder yang menggeluti bidang riset terkait.


Sumber: http://fst.uin.ar-raniry.ac.id/index.php/id/posts/lab-fst-adakan-workshop-instrumen-ftir

Tidak ada komentar