Kontribusi Prodi Biologi Menghadapi Pasca Pandemi

Tahun 2020 bisa jadi menjadi tahun paling berat bagi bumi karena serangan SARS COV 2 yang menyebabkan penyakit COVID- 19. Tidak ada satupun negara yang terbebas dari serangan virus corona ini. Satu per satu korban meninggal akibat terjangkit virus corona berjatuhan, hingga mencapai puluhan ribu jiwa. Banyaknya korban jiwa akibat virus corona ini diduga karena pemerintah di setiap negara tidak siap untuk menghadapinya. Bahkan, tak bisa dipungkiri bahwa pemerintah di berbagai negara seolah kewalahan saat ‘berperang’ melawan virus corona. Keterbatasan jumlah tenaga kesehatan, keterbatasan alat perlindungan diri dan keterbatasan informasi membuat bencana ini semakin meluas. Sebagai solusi menghadapi masa pandemi tersebut pemerintah meminta masyarakat untuk tetap tetap di rumah, menjaga jarak baik secara fisik (physical distancingmaupun sosial (social distancing) bahkan melakukan lockdown (karantina wilayah) untuk menghambat penyebaran virus corona.

Setelah dua bulan menjalani masa lock down akhirnya pemerintah memberlakukan era new normal dimana pada masa ini masyarakat sudah diperbolehkan untuk beraktivitas seperti biasa namun harus mematuhi protokol kesehatan pasca pandemi yang telah dipersiapkan oleh pemerintah. Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar Raniry Banda Aceh mewujudkan kontribusi nyata dengan mengadakan webinar persiapan pasca pandemik dengan melibatkan Prof. DR. Diana E Waturangi sebagai narasumber yang mengajak peserta webinar menyingkap kehidupan mikroba untuk melihat aplikasinya di berbagai industri.

Webinar ini memberikan peluang kepada akademisi, praktisi, peneliti dan masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai mikroba dan virus serta melihat kemungkinan pemanfaatan mereka bagi kehidupan. Antusiasme peserta untuk mengubah cara pandang terhadap masa pasca pandemi terlihat jelas dengan banyaknya peserta yang mengikuti seminar yang dilakukan melalui aplikasi Google Meet pada tanggal 10 Juni 2020 lalu. Tidak kurang dari 150 orang peserta telah mendapatkan materi yang sangat bermanfaat dan aplikatif sehingga membantu mereka untuk lebih siap dan nyaman menghadapi masa pasca pandemi.

Laporan: Ayu Nirmala Sari, M.Si (Dosen Prodi Biologi FST UINAR)

Tidak ada komentar