Pengabdian Masyarakat Dosen dan Mahasiswa Prodi Biologi

Banda Aceh (Rabu, 26/08/2020), Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara daring dengan tema “Kuliah Panik No, Kuliah Tenang Yes” yang berlangsung selama 5 hari. Acara ini diprakarsai oleh Dosen Program Studi Biologi kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIOS) dengan sasaran adalah mahasiswa Program Studi Biologi untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pengembangan keilmuan. Mahasiswa merupakan fase transisi sebelum terjun ke masyarakat, sehingga perlu diberikan pengetahuan, motivasi dan pembekalan terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat).

Acara ini diisi oleh 5 Narasumber dari Dosen Tetap Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry dengan nama narasumber dan topik adalah sebagai berikut:

1.      1. Feizia Huslina, M.Sc dengan topik “Kuliah Tenang Beasiswa Datang” yang berlangsung pada          Sabtu (22/08/2020) Pukul 11.00 WIB.

      2. Diannita Harahap, M.Si dengan topik “Menjadi Alumni dengan Kontribusi Besar” yang                  berlangsung pada Minggu (23/08/2020) Pukul 11.00 WIB.

3.      3. Ilham Zulfahmi dengan topik “Laboratorium Sebagai Ujung Tombak Riset Dasar Dosen dan        Mahasiswa” yang berlangsung pada Senin (24/08/2020) Pukul 11.00 WIB.

4.      4. Muslich Hidayat, M.Si dengan topik “Olah Minat dan Bakat: Menjadi Mahasiswa yang Siap          Tempa” yang berlangsung pada Selasa (25/08/2020) Pukul 11.00 WIB.

5.      5. Ayu Nirmala Sari, M.Si dengan topik “Tantangan Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa” yang              berlangsung pada Rabu (26/08/2020) Pukul 11.00 WIB.

Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi Saintek (HIMABIOS) Sabarudin dalam sabutannya mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menunaikan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, sosialisasi misi prodi dalam membangun karakter, intelegensi dan prestasi akademik dan non akademik serta memperkuat persiapan calon sarjana dalam menyongsong masa depan. Di samping tujuan tersebut tujuan utama acara ini adalah untuk memperkuat kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.

Ketua Program Studi Biologi Ibu Lina Rahmawati, M.Si dalam sambutan sekaligus pembukaan menyampaikan dukungannya terhadap setiap kegiatan himpunan mahasiswa kedepannya dan akan di dukung penuh oleh Program Studi dan Dosen-Dosen yang kompeten di bidangnya baik kegiatan secara online ataupun secara offline. Serta prodi menjadi wadah bagi mahasiswa dalam pengembangan diri baik dalam prestasi akademik maupun non akademik.

Narasumber pertama diisi oleh Ibu Feizia Huslina, M.Sc yang merupakan dosen bidang mikrobiologi Prodi Biologi.  Sesuai dengan topik dan pengalaman atas program beasiswa S3 di Australia yang diraihnya,  pemateri membagikan kiat-kiat menaklukkan beasiswa dan syarat-syarat beasiswa yang sangat membantu mahasiswa dalam menapaki jenjang karir selanjutnya.

Narasumber kedua diisi oleh Ibu Diannita Harahap, M.Si yang juga merupakan dosen bidang mikrobiologi Prodi Biologi. Sesuai dengan topik dan sebagai koordinator pengabdian masyarakat dan kemahasiswaan,  pemateri mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi alumni yang memiliki kontribusi yang besar bagi universitas dan masyarakat.

Narasumber ketiga diisi oleh Bapak Ilham Zulfahmi, M.Si yang merupakan dosen bidang ekologi perairan Prodi Biologi. Sesuai dengan topik dan Kepala Laboratorium Biologi, pemateri menjelaskan tentang pentingnya riset sebagai tantangan mahasiswa dan dosen. Bapak Ilham merupakan Dosen Biologi yang termasuk dalam 10 Dosen UIN Ar-Raniry yang produktif dari segi publikasi ilmiah (periode Juli lalu). Sehingga kolaborasi riset dosen dan mahasiswa sangat diperlukan untuk memberdayakan mahasiswa untuk melakukan riset dan publikasi ilmiah.

Narasumber keempat diisi oleh Bapak Muslich Hidayat, M.Si yang merupakan dosen bidang ekologi tumbuhan Prodi Biologi. Sesuai dengan topik dan pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ecology Conservation, pemateri memaparkan definisi minat dan bakat yang mudah di pahami mahasiswa dan membagikan tips agar menjadi mahasiswa yang bisa mengasah minat dan bakat dan menjadi mahasiswa yang lebih kompeten lagi.

Narasumber kelima diisi oleh Ibu Ayu Nirmala Sari, M.Si yang merupakan dosen bidang fisiologi hewan Prodi Biologi. Sesuai dengan topik dan juga salah satu kandidat dari 10 Dosen UIN Ar-Raniry yang produktif dari segi publikasi ilmiah (periode juli lalu), pemateri menjelaskan tentang pentingnya menulis sejak mahasiswa dan tantangan publikasi tidak hanya bagi dosen melainkan juga bagi mahasiswa agar dapat bersaing dengan universitas-universitas lain.

Laporan : Cut Riski Nazila (Mahasiswa Biologi Leting 2017)

Editor    : Admin Web


Tidak ada komentar