Prodi Biologi Adakan Seminar Tentang Peranan Omic dalam Inventarisasi Senyawa Bioaktif


Program Studi Biologi mengadakan acara Seminar Nasional Biologi tentang “Peranan Omic dalam Inventarisasi Senyawa Bioaktif Tanaman Lokal” yang dilaksanakan di Theater Room Gedung Museum UIN Ar-Raniry, Rabu (14/11/2018). 

Penyerahan Sertifikat kepada Pemateri oleh Ketua Prodi

Acara tersebut diisi oleh Dr. Diky Setya Diningrat yang merupakan Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan. Peserta yang hadir terdiri dari unsur Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi se-Lingkungan Fakultas, Para Dosen, Staff, dan Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Panitia Feizia Huslina, M.Sc menyatakan bahwa seminar ini diikuti oleh 100 orang lebih mahasiswa. Alhamdulillah, bersyukur walaupun terdapat banyak kekurangan karena persiapan dalam dua hari tetapi berkat kerja keras panitia acaranya dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Dalam kesempatan yang sama, Lina Rahmawati, M.Si selaku Ketua Program Studi mengatakan bahwa “seminar ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam hal aplikasi bioteknologi. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan serangkaian untuk mendukung Reakreditasi Program Studi Biologi” Kata Lina Rahmawati, saat menyampaikan laporan kegiatan seminar tersebut.

Seminar ini dibuka oleh Dr. Azhar Amsal, M.Pd selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi dengan harapan acara ini dapat terlaksana dengan baik dan mahasiswa dapat mengambil manfaat ilmu pengetahuan terkait materi yang akan dipaparkan oleh pemateri nantinya.

Selama acara ini berlangsung, mahasiswa antusias mengikutinya dari awal kegiatan sampai akhir. Dr. Diky Setya Diningrat selaku pemateri dalam presentasi awalnya mengatakan bahwa biologi merupakan ilmu masa depan dan banyak universitas terkemukan di dunia seperti Harvard mewajibkan mahasiswanya lulus mata kuliah Biologi. Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Sergey Brin, merupakan orang terkaya di dunia yang tidak lulus mata kuliah Biologi dan drop out dari kampusnya. Tetapi berkat ketekunannya dalam ilmu pengetahuan mampu mengembangkan inovasi teknologi sehingga menjadi orang terkenal. Oleh karena itu, menjadi mahasiswa biologi merupakan suatu kebanggaan dan jangan merasa minder. Sudah seharusnya mahasiswa biologi dapat mengembangkan keterkaitan antara ilmu biologi dan teknologi informasi, Ujar Dr. Diky Setya Diningrat, selaku pemateri dalam kegiatan seminar itu.

Selama paparannya, Dr. Diky menjelaskan tentang peranan Omic (Genomic, Transcriptomics, Proteomic, Metabolomics, dan Omic lainya) dalam melakukan inventarisasi senyawa bioaktif tanaman lokal, seperti tanaman buas-buas (Premna pubescens) yang merupakan tanaman lokal Sumatera Utara. Hal ini ada kaitannya dengan ilmu biologi dan teknologi informasi yang dikembangkan dalam mata kuliah Bioinformatika.

Disela akhir pembicaraannya, setelah paparan materi ini selesai dapat menambahkan minat mahasiswa dalam mengambil mata kuliah Bioinformatika yang merupakan mata kuliah pilihan di Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi, Ujar Dr. Diky Setya Diningrat.

Photo Bersama Pemateri dan Mahasiswa

Di akhir pembicaraan, mahasiswa aktif menanyakan terkait paparan materi yang disampaikan. Dan begitu juga sebaliknya, pertanyaan dari pemateri mahasiswa antusias untuk menjawabnya dan mendapatkan doorprize. Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh Ketua Program Studi dan photo bersama.
(Admin: Firman Rija A)

Tidak ada komentar