Informasi Terkini KKP di SKP Kelas 1 Banda Aceh


Siti Faizah*)

Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan salah satu mata kuliah wajib Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry. KKP yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa kunjungan/kerja lapangan selama jangka waktu yang telah ditentukan pada suatu instansi atau perusahaan yang terkait dalam bidang keilmuan biologi.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa memilih sendiri lokasi KKP baik di kantor pemerintahan maupun swasta. Saya dan dua orang rekan Cut Nadia Rahmi dan Rina Mutia memilih Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh sebagai tempat menimba ilmu selama KKP.

Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan kegiatan operasional karantina hewan dan tumbuhan serta pengawasan keamanan hayati hewan dan nabati. Kami memilih lokasi disini karena sesuai dengan bidang Ilmu Biologi. Adapun kajian yang ingin kami teliti adalah  mengenai jenis-jenis cendawan yang ada pada berbagai jenis komoditi seperti tomat (Solanum lycopersicum) bawang merah (Allium cepa) dan Kentang (Solanum tuberosum). Seperti yang kita ketahui bahwa, cendawan merupakan salah satu jenis OPT yang dapat merusak pertanian.

Kegiatan KKP kami di Stasiun Karantina Pertanian ini berlangsung selama satu bulan dimulai yang pada 1 Agustus s.d 7 September 2018, dari pukul 07.30 s.d 16.00 WIB.  Pada saat penerimaan mahasiswa KKP (Rabu, 1/08/2018), Kami disambut dengan baik dan ramah oleh Drh. Ibrahim selaku Kepala SKP Kelas 1 Banda Aceh. Beliau berbagi pengalaman bagaimana pahit manisnya saat menjadi mahasiswa hingga bisa bekerja di Kantor SKP.

Drh. Ibrahim mengatakan “menjadi seorang mahasiswa haruslah bekerja keras, disiplin dan semangat. Ingatlah perjuangan orang tua untuk bisa membiayai kuliah anaknya,sehingga kita sebagai anak jangan bermalas-malasan dan jangan pernah mengecewakan orang tua”, harapnya.

Dalam masa Kuliah Kerja Praktek (KKP), banyak hal yang sudah kami dapatkan dari mulai pengenalan karantina, persyaratan dan prosedur karantina tumbuhan, identifikasi lalat buah, pemeriksaan dan pengujian cendawan di laboratorium,  dan tidak butuh waktu lama bagi kami untuk beradaptasi dengan lingkungan dan para Pegawai di Kantor SKP Kelas I Banda Aceh  dikarenakan pengawai disini baik, sangat ramah, murah senyum, dan setiap pagi kami disiapkan minuman teh dan kue.  Pihak SKP kelas I juga telah memberikan jadwal kegiatan kami selama KKP, dan kami juga akan melakukan field trip setiap sabtu maupun minggu ke Wilayah Kerja Bandara Sultan Iskandar Muda agar dapat menambah wawasan lebih dalam lagi mengenai sistem kerja di lapangan.

Setelah melewati masa kerja KKP selama 1 bulan, maka kami akan melaksanakan seminar hasil kegiatan pada Kamis (06/09/2018) yang bertempat di ruang rapat SKP Kelas 1 Banda Aceh. Pihak SKP Pertanian yang terdiri dari M. Hiram SP (Kepala Urusan Tata Usaha), Novan Kamanto R, SP. (Manager Mutu), Rini Susanti, S.Si dan Dwi Intan Hardilla, S.Si. sebagai Pembimbing Lapangan mendengarkan pemaparan seminar hasil kegiatan KKP selama ini.

Tiga Mahasiswa Program Studi Biologi FST UIN Ar-Raniry
dalam pelaksanaan kegiatan Seminar Hasil di SKP Kelas I Banda Aceh 

Novan Kamanto R. SP sebagai Manager Mutu di SKP Kelas I Banda Aceh menyampaikan
“Para Mahasiswa memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani kegiatan KKP ini, pemaparan hasil seminarnya sudah bagus, namun ada beberapa penyampaian yang diperbaiki, supaya tidak terjadi kesalahanpahaman ketika mereka menyampaikan informasi ke pihak Kampus. Kita ketahui juga masih banyak masyarakat dan pihak akademis kampus yang belum paham mengenai Karantina Hewan dan Tumbuhan. Kami berharap adik-adik ini sebagai penyambung lidah untuk instansi kami dan Semoga ilmu yang sudah didapatkan disini bisa di implementasikan dengan baik ke ranah publik” ujarnya.

Setelah memaparkan hasil seminar di SKP kelas I, saya dan kawan-kawan yang berasal dari mahasiswa Prodi Biologi UIN AR-Raniry tibalah saatnya dilakukan kegiatan pelepasan KKP oleh Bapak Drh. Ibrahim, pada hari Jumat (07/09/2018). Kepala SKP Kelas I menyampaikan bahwa ketiga mahasiswa tersebut sangat apresiasi dalam mengikuti kegiatan ini, semoga kedepan mereka bisa melanjutkan skripsinya dengan baik dan  lulus sebagai Sarjana Sains, sehingga bisa membanggakan semua orang terutama orang tua mereka” Ujar Drh Ibrahim, selaku Kepala SKP Kelas 1 Banda Aceh.

*) Penulis adalah Mahasiswa Biologi FST UIN Ar-Raniry (Leting 2015) dan Peserta KKP di SKP Pertanian Kelas 1 Banda Aceh.

Tidak ada komentar