SOP Praktikum di Laboratorium Biologi

Standar Operasional Prosedur (SOP) Praktikum di Laboratorium Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh:
Tujuan
            Standar Operasional Pelaksanaan Praktikum ini disusun dengan tujuan untuk memberikan penjelasan tentang:
1.    Tata cara pelaksanaan praktikum di lingkungan Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry.
2. Pedoman bagi dosen, asisten, dan mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan laboratorium biologi di lingkungan Prodi Biologi FST UIN Ar-Raniry.

Definisi
1. Praktikum adalah suatu kegiatan tatap muka yang dilakukan di laboratorium atau lapangan agar mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menguji dan mengaplikasikan teori.
2.  Responsi adalah tes awal yang diberikan untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa berkaitan dengan materi praktikum pada saat itu. Bentuk pertanyaan  yang dapat berupa tujuan, alat dan bahan, prosedur kerja praktikum.
3.    Satu kali praktikum berlangsung selama 2 x 60 menit untuk 1 sks.
4.  Dosen adalah tenaga ahli orang yang berdasarkan persyaratan, keahlian dan kemampuannya diangkat oleh rektor untuk menjalankan tugas pokok pendidikan.
5.   Assiten adalah seseorang yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahliannya bertugas membantu dosen dalam melaksanakan praktikum. Seorang asisten minimal telah menempuh 5 semester dalam Program Studi Biologi dan memiliki nilai B pada mata kuliah yang diasuh.
6.  Laboran adalah seorang tenaga fungsional yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahliannya bertugas memfasilitasi dosen dan asisten dalam kegiatan praktikum, dan
7.    Praktikum adalah mahasiswa program sarjana pada Prodi Biologi yang terdaftar secara sah di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Ruang Lingkup
SOP ini meliputi:
1.    Jenis Kegiatan Praktikum
2.    Kelembagaan Praktikum
3.    Tata Tertib Kegiatan Praktikum
4.    Persiapan Praktikum
5.    Pelaksanaan Praktikum, dan
6.    Evaluasi Kegiatan Praktikum

           Referensi
           Kegiatan praktikum dan riset pengembangan memiliki dasar diantaranya:
1.    SK Rektor No. 16 Tahun 2015
2.    Buku Panduan Program Sarjana FST UIN Ar-Raniry

Ketentuan Umum
1.    Jenis Praktikum
Praktikum di lingkungan Prodi Biologi FST UIN Ar-Raniry dilaksanakan dalam bentuk:
a.       Praktikum laboratorium : kegiatan yang dilakukan di laboratorium
b.      Praktikum lapangan : praktikum yang dilakukan di luar laboratorium (kebun percobaan, sungai, laut, dan lain-lain) yang juga memiliki SOP tersendiri.

2.    Kelembagaan Praktikum/Laboratorium
Kegiatan praktikum dalam menunjang mata kuliah teori dikelola oleh suatu tim dosen dan laboratorium yang ditunjuk oleh ketua program studi dan ditetapkan berdasarkan SK Dekan. Kelembagaan praktikum terdiri dari:
a.  Koordinator Praktikum adalah dosen berdasarkan persyaratan pendidikan, keahlian dan jabatan akademiknya menjadi penanggung jawab dan mengkoordinasikan penyelenggaraan suatu praktikum mata kuliah.
b.  Pembimbing praktikum adalah dosen yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahliannya ditugaskan untuk membantu penyelenggaraan suatu praktikum, dan
c.    Laboran adalah fasilitator penghubung antara dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan rangkaian kegiatan praktikum di laboratorium.
d.  Asisten praktikum adalah mahasiswa yang ditunjuk oleh dosen pengasuh melalui sistem rekrutmen asisten praktikum di prodi untuk memabntu pelaksanaan praktikum. Asisten praktikum dikoordinir oleh seorang koordinator asisten. Rekrutmen asisten diatur oleh prodi dengan persyaratan tertentu.

3.    Tata Tertib Kegiatan Laboratorium
a.       Mahasiswa memperhatikan jadwal praktikum yang telah ditetapkan oleh prodi.
b.      Mahasiswa diwajibkan:
1)   Mentaati tata tertib umum pelaksanaan praktikum
2)   Hadir lima belas menit sebelum praktikum dimulai
3)   Menandatangani daftar hadir praktikum
4)   Mengisi buku kegiatan harian/laporan/log book mahasiswa
5)   Memakai jas laboratorium selama proses praktikum berlangsung
6)   Memakai sepatu, tidak dibenarkan memakai sandal, sepatu sandal dan kaos oblong, dan
7)   Menonaktifkan telepon genggam selama kegiatan praktikum belangsung.
c.    Mahasiswa tidak dibenarkan makan, minum, merokok, dan berbuat keributan di ruangan praktikum selama kegiatan berlangsung.
d.   Mahasiswa bertanggung jawab terhadap alat dan tempat praktikum, apabila alat yang mengalami kerusakan atau hilang wajib mengganti dengan alat yang sama atau sejenis atau dapat mereparasi alat yang rusak tersebut agar dapat berfungsi normal kembali.
e.     Sebelum praktikum dimulai diadakan responsi sesuai dengan kegiatan praktikum yang akan dilakukan. Apablia praktikan tidak sempat mengikuti kegiatan responsi maka mahasiswa tersebut tidak berkesempatan mendapatkan responsi ulangan.
f.     Setiap kali selesai menyusun hasil pengamatan maka harus diketahui asisten praktikum dan diparaf sebagai tanda keabsahannya.
g.   Kumpulan hasil pengamatan kemudian dibahas bersama dalam kelompok dan dibuat dalam bentuk laporan mandiri sesuai dengan format laporan yang telah ada,.
h.     Peraturan tambahan bagi kelancaran kegiatan praktikum akan diatur dan disampaikan kemudian sesuai dengan kebutuhan dan jenis praktikum.
i.   Sanksi bagi mahasiswa yang melanggar peraturan dan tata tertib ditetatpakn oleh koordinator praktikum atau koordinator asisten.

Prosedur Kegiatan Praktikum di Laboratorium
1.    Persiapan Praktikum
a. Tim pengajar mengadakan pertemuan persiapan praktikum yang meliputi pembahasana topik percobaan, buku penuntun praktikum, alat dan bahan sebelum pelaksanaan praktikum dimulai.
b.   Pembimbing praktikum menerima daftar peserta praktikum dari program studi selambat-lambatnya seminggu sebelum praktikum dimulai.
c.       Laboran/teknisi memperoleh jadwal praktikum dari dosen pembimbing praktikum.
d.      Laboran/teknisi menyiapakn peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum.

2.    Pelaksanaan Praktikum
a.   Dosen melaksanakan kegiatan praktikum sesuai dengan jadwal minimal 12 dan maksimal 16 kali dalam satu semester.
b.  Pada awal pertemuan dosen menyampaikan kontrak praktikum termasuk GBPP/SAP dan materi praktikum.
c.       Dosen menyampaikan materi sesuai dengan GBPP dan SAP.
d.      Mahasiswa menandatangani materi sesuai dengan GBPP dan SAP.
e.       Setelah membimbing praktikum dosen mengisi daftar hadir dosen.
f.       Dosen menyerahkan daftar hadir ke prodi pada akhir semester.
g.   Dosen yang berhalangan hadir dengan alasan yang dibenarkan menurut peraturan melapor kepada penanggung jawab praktikum.
h.      Jika terdapat perubahan jadwal untuk suatu praktikum, dosen dan mahasiswa membuat kesepakatan dan dilaksanakan setelah memperoleh persetujuan program studi.

Tidak ada komentar